GEO – GIS 1 – PENGANTAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah suatu sistem berbasis komputer yang berguna dalam melakukan pemetaan (mapping) dan analisis berbagai hal dan peristiwa yang terjadi diatas permukaan bumi [ESR(95)a].

Menurut Aronoff, 1989, SIG merupakan sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan (input), mengelola, mamanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian.

Sementara itu menurut Burroough, 1986, SIG merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan,pengambilan kembali data yang diinginkan dan penanyangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia. Definisi terbaru bedasarkan dari Turban etc, 2007 yaitu sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk digunakan sebagai wahana Capturing, Storing, Modeling, Retrieving, Checking, Integrating, Manipulating, Analyzing dan Displaying data spatial yang bergeoreferensi dengan digitasi peta.

Dapat disimpulkan bahwasannya sistem informasi geografis adalah siystem yang digunakan untuk mengatur (management), menganalisis (analysis), dan menggambarkan (display) dari sebuah Informasi Geografis.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti lebih lanjut?
Klik model diklat yang ingin diikuti pada gambar di bawah ini.