GEO – GIS 4 – DIGITIZING ON SCREEN

Digitalisasi (Digitizing) adalah proses konversi feature ke dalam format digital, merupakan salah satu cara untuk membuat data fitur (feature data) digital. Ada beberapa cara untuk mendigitalkan feature baru yaitu digitalisasi pada layar, digitalisasi hard copy dari peta di papan digitalisasi (digitizer tablet), atau menggunakan tools digitalisasi otomatis.

Metode Interaktif, atau digitalisasi langsung pada layar computer (Digitizing on Screen) merupakan salah satu metode yang paling umum. Dalam metode ini, kita terlebih dahulu menampilkan peta dasar sebagai acuan digitalisasi (basemap) seperti peta analog, foto udara, citra satelit, atau orthophotograph di layar sebagai basemap, lalu kita menggambar feature, seperti jalan, penutupan lahan, sungai, batas suatu daerah, dsb. Dalam digitalisasi hard copy, kita bisa menggunakan tabel digitalisasi terhubung ke komputer yang mengubah posisi pada permukaan meja menjadi digital koordinat x, y berdasarkan rekaman titik kita pada mouse digitizer.

Digitalisasi otomatis merupakan metode lainnya dalam melakukan digitalisasi feature. ArcScan tools dalam ArcGIS memungkinkan kita untuk melakukannya secara otomatis atau interaktif dengan bantuan konversi data raster-to-vektor dengan presisi tinggi dan sedikit intervensi dari operator.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti lebih lanjut?
Klik model diklat yang ingin diikuti pada gambar di bawah ini.